Kampanye Calon Presiden OSIS 2008

Kampanye Calon Presiden OSIS 2008
Para Kandidat Presiden OSIS Masa Jihad 2008 asik berdiskusi menyatukan visi dan persepsi membangun OSIS kedepan sekaligus bersaing merangkul suara sebanyak-banyaknya. Acara berlangsung akhir Desember 2007.

Media Jurnalis Sekolah Q SMART

Media Jurnalis Sekolah Q SMART
Para Jurnalis Pelajar "Q SMART" SMA Al Muttaqin sedang berbincang hangat dengan Rektor Universitas Indonesia, Prof. DR. Gumilar Rusliwa Somantri.

Kamis, 31 Januari 2008

Pedoman OSIS


Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO)

OSIS SMA Al Muttaqin

“Full day School” Kota Tasikmalaya


A. PENDAHULUAN

Kultur masyarakat berwawasan belajar (learning society) merupakan prototipe dan karkteristik kemajuan kehidupan suatu daerah/bangsa. Learning society akan terus tumbuh dan berkembang sejumlah inovasi kebudayaan yang mengarah kepada terciptanya kesejahteraan lahir dan batin.

Learning society dapat terwujud dengan ditopang oleh tradisi akademik yang tumbuh dan teraktualisasikan di lembaga pendidikan, baik jenjang menengah maupun tinggi. Tradisi akademik salah satunya dicirikan dengan dinamika organisasi kesiswaan, termasuk di dalamnya OSIS.

Melalui kiprah organisasi kesiswaan, peran setrategis siswa dapat teraktualisasikan. Organisasi siswa dapat menjadi wahana pembelajaran sesungguhnya, baik dalam kerangka prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Organisasi kesiswaan juga dapat mencipta budaya dan pentradisi akhlakul karimah. Pokok pangkal sikap yang tumbuh dan berkembang dalam tradisi organisasi kesiswaan dapat melahirkan kepekaan sosial siswa dalam merespon fenomena sekolah, masyarakat lokal, maupun kebangsaan.

Tumbuhnya sikap seperti itu menjadi bekal jiwa-jiwa kepemimpinan dan akan berperan penting dalam estafeta kehidupan kebangsaan dan keumatan.

Sadar akan peran setrategis seperti itu, maka perlu disusun Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) OSIS SMA Al Muttaqin, sehingga dapat mengkerangkai peran dan fungsinya secara lebih dinamis, propesional, kredibel, dan memiliki dimensi kebermanfaatan yang lebih utuh bagi para pengurus, maupun warga sekolah.


B.LANDASAN

Garis Besar Haluan Organisasi ini berlandaskan kepada visi dan misi SMA Al Muttaqin “fullday School” Kota Tasikmalaya, Tupoksi (Tugas Pokok dan Aksi) Bidang kesiswaan, Serta berpedoman pada AD/ART OSIS.


C.TUJUAN

Garis Besar Hluan Organisasi ini disusun dengan tujuan :

1. Menumbuhkan sikap dan tekad organisasi yang fropesional dan kredibel dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang terampil, tangguh dan berakhlak mulia uuntuk mewujudkan jati diri pelajar prestatif yang siap berperan dalam mewujudkan masyarakat berwawasan belajar, menjadi out come sekaligus raw input yang berkualitas bagi jenjang pendidikan tinggi..

2. Mewujudkan secara bertahap dan berkesinambungan tujuan OSIS melalui serangkaian kegiatan priodik selama masa jihad kepengurusan.

3. Meletakan arah dan landasan bagi pengurus OSIS dalam mengembangkan organisasi serta menerjemahkan keputusan-keputusan organisasi secara fropesional.

D.ARAH PROGRAM

OSIS SMA Almuttaqin “Fullday School” Kota Tasikmalaya diharapkan memiliki arah program:

  1. Iman dan taqwa, artinya program disusun berdasarkan usaha tuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
  2. Profesional, artinya program kegiatan diupayakan sebagai proses pelatihan profesionalisme berorganisasi.
  3. Manfaat, arttinya program kegiatan direncanakan dengan memperhatikan prestasi organisai yang berkemanfaatan bagi pengurus maupun warga sekolah.
  4. Kesinambungan artinya program dan kegiatan direncanakan dengan memperhatikan prestasi organisasi yang berkesinambungan dan dapat menunjukan kredibilitas organisasi.


E. MISI DAN RUANG LINGKUP

OSIS SMA AL-MUTTAQIN “fullday school & moving class system” kota Tasikmalaya mempunyai misi sebagai organisasi yang dapat menjadi wadah pengembangan prestasi akademik dan non akademik, wadah pengembangan minat bakat, serta wadah tumbuhnya pelajar prestatif berakhlakul karimah.

Berdasarkan misi tersebut, OSIS SMA Al Muttaqin memiliki ruang lingkup program yang disebut TIGA AMAL SALEH OSIS, yaitu:

1. Mengukuhkan citra diri OSIS sebagai organisasi yang kredibel favorable

2. memantapkan program unggulan OSIS

3. Mengembangkan Sumber Daya Siswa yang berwawasan IPTEK dan IMTAQ

F. PENUTUP

Demikian Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) OSIS SMA Al Muttaqin untuk dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.


Ditetapkan di Tasikmalaya
a.n. Kepala SMA Al Muttaqin
Wakasek Keiswaan

Ttd

In In Kadarsolihin, S.S.

Tidak ada komentar:

Angkatan V

Angkatan V
Melangkah terus bersama SMA Al Muttaqin. Mengukir Jati Diri Generasi Muda Prestatif.